Hati-Hati, Berikut Hukumnya Berdandan Menor Menurut Agama


Wanita memanglah suka dengan kecantikan. Senang untuk memperoleh sebagai wanita cantik, mereka ikhlas lakukan perawatan apasaja demi mendapatkan predikat wanita cantik. Diluar itu, satu diantara jalan keluar yang dapat dikerjakan untuk tampak cantik yaitu berdandan.

Berdandan umumnya adalah kesibukan untuk merias diri serta muka supaya tampak lebih cantik. banyak juga diantara mereka yang berdandan dengan make-up menor supaya aura kecantikannya lebih terpancar. Tujuan utamanya yaitu untuk memikat hati pria.

Wanita-wanita itu umumnya bakal dengan bangga menunjukkan dandanan mereka pada orang lain. Lantas bagaimana Islam melihat perbuatan yang demikian? Apakah hukum berdandan menor untuk kaum hawa? Tersebut info sedetailnya. Diantara perintah untuk wanita yaitu untuk berdiam dirumah serta tak berhias seperti tingkah laku orang jahiliyyah.

Hukum Berdandan Menor Menurut Agama

Banyak Imam Mahzab seperti Hanafi, Maliki, Syafi’i serta Hanbali setuju bahwa seseorang wanita yang memakai perhiasan terlalu berlebih, memperlihatkan dan memamerkan bentuk serta keindahan badannya adalah satu diantara perbuatan yang hukumnya haram.

Bahkan juga ada suatu ayat dalam Al-Quran yang mengungkap bahwa diantara perintah untuk wanita yaitu untuk berdiam diri dirumah serta tak berhias seperti orang jahiliyyah. Allah Ta’ala berfirman yang berarti :

“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyyah yang dahulu” (QS. Al Ahzab: 33).

Maksud dari ayat di atas adalah hendaknya seorang wanita lebih baik banyak berdiam diri di rumah daripada keluar dengan berdandan menor seperti orang Jahiliyyah.

“Dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya” (QS. An Nur: 31)

Lalu Apa yang Sebaiknya Wanita Lakukan?

Seorang wanita muslimah sebaiknya memperlihatkan kecantikan hanya kepada suaminya. Itu artinya ia hanya boleh tampil cantik di dalam rumah saja, bukan untuk dipamerkan kepada orang lain. Tampil cantik di hadapan suami akan membuatnya senang. Untuk itu, wanita yang senantiasa menyenangkan hati suaminya dipuji oleh Rasulullah SAW lewat hadistnya yang berarti”

Pernah ditanyakan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Siapakah wanita yang paling baik?” Jawab beliau, “Yaitu yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, mentaati suami jika diperintah, dan tidak menyelisihi suami pada diri dan hartanya sehingga membuat suami benci” (HR. An-Nasai no. 3231 dan Ahmad 2: 251. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih).


Sebarkanlah dengan teman anda agar semua teman tahu hukum berdandan, satu kebaikan akan menjadi pahala berjalan kalian

Artikel Terkait Hati-Hati, Berikut Hukumnya Berdandan Menor Menurut Agama :

Diberdayakan oleh Blogger.