Cara Mencuci Baju Menurut Syariat, Wanita Wajib Baca


cara mencuci baju

Cara mencuci baju bagi sebagian orang memang mudah, pakaian kotor dimasukan kedalam air lalu direndam dan digosok menggunakan sabun cuci, tapi apakah kalian tahu jika ada cara mencuci baju menurut syariat?

Membersihkan pakaian yaitu satu diantara aktivitas yang akrab dengan kita sehari-hari. Tiap-tiap orang pasti membersihkan pakaian 2-3 kali satu minggu.

Ada juga yang menumpuknya sampai satu minggu lantaran cuma ada waktu senggang di akhir minggu. Bahkan juga, di masa moderen saat ini sangatlah umum rumah tangga yang membersihkan pakaian memakai layanan laundry.

Masalah cara mencuci pakaian memanglah nampaknya remeh. Tetapi, sesungguhnya masalah membersihkan ini tidak dapat diremehkan. Baju yang Anda gunakan sehari-hari sebaiknya bebas dari najis. Terlebih baju untuk shalat. Tentu baju mesti suci dari najis lantaran hal semacam ini adalah satu diantara prasyarat syahnya shalat.

Telah waktunya kita memperhatikan benar bagaimana caranya membersihkan pakaian yang sesuai sama syariat. Pakaian yang dicuci bukan sekedar asal bersih, tetapi juga mesti suci. Langkah membersihkan yg tidak benar bakal membuahkan baju yang masih tetap memiliki kandungan najis. Tentu baju ini tak syah untuk shalat!

Oleh karenanya, cermati langkah membersihkan pakaian yang sesuai sama syariat di bawah ini.

1. Pisahkan Pakaian yang Terkena Najis

Untuk hindari najis menebar ke baju-baju yang lain, jadi saat sebelum memasukkannya ke bak bersihkan pisahkan dahulu baju yang telah terang terkena najis (darah, kencing, muntah, kotoran manusia, kotoran hewan, dan lain-lain). Hal semacam ini agar baju yang lain tak turut terkena najis dari baju itu.

2. Bersihkan Najis

Cara mencuci baju selanjutnya, bersihkan najis yang melekat pada pakaian lewat cara simpel yaitu mengguyurnya dengan air. Upayakan najis turut mengalir ke bawah bersamaan dengan aliran air sampai betul-betul bersih.

3. Bersihkan dengan Sabun

Sabun berperan untuk menyingkirkan kotoran-kotoran yang menempel pada pakaian hingga barsih serta tak bau. Bisa mengucek dengan tangan, menyikat ataupun mencucinya dalam mesin pencuci. Tetapi yang butuh di perhatikan yaitu waktu memasukkannya ke mesin pencuci upayakan najisnya telah hilang semuanya. Lantaran menurut syariat, najis yang masuk ke air kurang dari 2 kullah (seputar 200 liter) bakal mejadi air yang najis juga. Baiknya waspada ya.

4. Pembilasan

Basuh dengan air yang cukup banyak serta untuk finishingnya guyurlah baju dengan air mengalir. Inilah yang kerap terlupakan oleh kita. Umumnya orang mencuci memakai 2 ember, tetapi kurang mengerti bahwa mengguyur dengan air yaitu langkah paling baik supaya najis-najis turut turun berbarengan air mengalir. Kita tak dapat meyakinkan apakah air atau ember untuk mencuci betul-betul suci.

Kelihatannya tak praktis serta boros ya bila saat sebelum dicuci mesti diguyur serta pembilasan air juga diguyur? Bila kita punya niat benar untuk menyingkirkan najis pada pakaian insya Alah tak boros kok. Bila kita menggunakan system buka tutup kran waktu mengguyur serta mencuci juga bakal irit air, bukan? Dengan hal tersebut kita bakal terlepas dari tingkah laku terlalu berlebih.

Lewat cara mencuci baju diatas, jadi Insya Allah langkah membersihkan kita bakal sesuai sama syariat serta kesucian baju bisa terbangun. Mari kita share dengan teman kita agar kita dapat menebar kebaikan terhadap sesama.

Artikel Terkait Cara Mencuci Baju Menurut Syariat, Wanita Wajib Baca :

Diberdayakan oleh Blogger.